Peduli Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Gubernur Jambi Dianugerahi Penghargaan oleh Kemnaker

Kabargentala.com, Jakarta – Peduli dan terus melakukan pembinaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terhadap perusahaan dan pekerja di Provinsi Jambi, membuat Gubernur Jambi, Al Haris dianugerahi penghargaan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).
Selain Gubernur Jambi, ada 21 gubernur lainnya yang juga mendapatkan penghargaan yang sama. Penghargaan langsung diberikan oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, di Jakarta pada kamis (22/6/2023).
Menteri Ida Fauziyah dalam sambutannya mengatakan, penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada Kepala daerah yang peduli dan terus melakukan pembinaan K3 di wilayah kerjanya masing-masing. Di tahun 2023 ini, ada 22 gubernur yang berhasil mendapatkan penghargaan tingkat nasional.
“Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada gubernur yang telah berhasil membina usaha-usaha penerapan K3 di wilayah masing-masing, sehingga terdapat perusahaan yang mendapatkan seluruh jenis penghargaan K3 di tingkat nasional,” kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.
Dalam kesempatan tersebut, Menaker Ida Fauziyah mengungkapkan tantangan ketenagakerjaan terus berkembang seiring dengan perkembangan dinamika dunia usaha dan industri. Karena itu, K3 harus semakin menjadi perhatian dan prioritas bagi dunia kerja di Indonesia.
“Penganugerahan penghargaan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah, khususnya Kemnaker dalam mengkampanyekan K3”, tutupnya.
Sementara Gubernur Jambi diwakili langsung oleh Wakil Gubernur, Abdullah Sani menerima penghargaan tersebut.
Wagub Abdullah Sani mengaku sangat bersyukur karena tahun ini Provinsi Jambi mendapatkan penghargaan K3 dari menteri ketenagakerjaan.
“Alhamdulillah hari ini saya Bersama sama Pemerintah Provinsi, mewakili Bapak Gubernur menghadiri Penganugrahan K3 dari kementrian ketenagakerjaan. Tentu kita bersyukur karena tahun ini meningkat di bandingkan dari tahun lalu. Dari sekian banyak perusahaan di provinsi Jambi kita mendapatkan penghargaan. Tahun kemarin ada 65 perusahaan dan tahun ini meningkat ada 82 perusahaan dari 4 kategori yang mendapatkan penghargaan dari kementrian ketenagakerjaan,” kata Wagub Sani.
Abdullah Sani mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang terus berupaya menerapkan K3, baik perusahaan, pekerja dan dinas ketenagakerjaan yang terus melakukan pembinaan.
“Ini adalah suatu peningkatan oleh karena itu saya mewakili Pak Gubernur mengucapkan terimakasih atas kesungguhan dan keseriusan teman-teman semuanya khususnya Dinas ketenagakerjaan sektor terkait dalam rangka membudayakan K3 ini. saya juga mengucapkan terimakasih kepada perusahaan perusahaan yang telah merasakan bahwa betapa pentingnya K3 ini dalam perusahaan,” sambungnya.
Penerapan K3 kata Wagub sangatlah penting, untuk itu diharapkan semua perusahaan di Provinsi Jambi untuk terus melakukan perbaikan, guna mengurangi dampak kecelakaan kerja.
“Dimana K3 ini berdampak positif bagi pemerintah, masyarakat dan khususnya perusahaan perusahaan akan sangat berdampak dimana perusahaan menyiapkan K3 maka akan berdampak pada mereka, sebaliknya juga akan berdampak kepada para pekerja atau buruh dan sebagainya. Ini sangat berdampak kepada seluruh nya pemerintah, masyarakat dan tenaga kerja di perusahaan,” Pungkasnya.